UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Dok. by Hum EMHA

Ujian Akhir Semester (UAS) adalah moment yang sangat penting bagi siswa, guru dan orang tua karena ujian ini adalah alat untuk mengukur ketercapaian pembelajaran yang sudah dilaksanakan selama satu semester, tapi ada juga sih sebagian siswa yang menganggap hal itu adalah hal yang biasa-biasa saja. Begitu banyak perasaan yang bercampur aduk yang membuat jantung kita dag dig dug gak enak makan gak enak tidur karena takut  tidak bisa menjawab soal-soal ujian ,  ada juga yang stres keluar masuk kamar karena cemas, bahkan ada yang sampai mencret dan ngompol memikirkan ujian.

Bagi siswa yang menganggap hal tersebut penting, mereka akan mempersiapkan diri sebaik-baiknya mulai dari menambah jam belajar sampai mengurangi waktu bermain bahkan ada yang ekstra mengikuti bimbingan belajar, tapi bagi sekelompok siswa yang menganggap itu tidak penting mereka santai-santai saja seperti biasa.

Dalam hal ini tugas orang tua dan guru bertambah sebab dalam pelaksanaan ujian ini tidak hanya hasil ujian saja yang dipentingkan, tapi disinilah penanaman karakter siswa dilakukan, pada saat pelaksanaan ujian ini siswa di ajarkan untuk mandiri berbuat jujur dengan tidak mencontek, dan percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Mendapatkan  nilai bagus itu penting bila dilakukan dengan usaha sendiri dengan tidak mencontek dan belajar sungguh-sungguh dan berbuat jujur,  dengan bekal itu Insyaallah, Allah akan memudahkan jalan kalian semua. Amin….. (HAN’s 2013).

SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.