Keseruan Kegiatan MABIT SD Muhita

Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) telah dilaksanakan pada hari Sabtu (14/10/2023).
Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) merupakan agenda sebulan sekali yang dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah 01 Tanggul. Peserta yang mengikuti kegiatan MABIT kali ini adalah siswa kelas 6 putra kampus reguler, siswa-siswi kelas 5 kampus intensif, dan siswa-siswi kelas 6 kampus intensif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober 2023.
Di kampus reguler, kegiatan MABIT dimulai setelah siswa bersih diri dengan kegiatan muraja’ah bersama. Pada kegiatan tahsin para siswa secara bersama-sama muraja’ah surat-surat pendek pada juz 29 dan 30. Sedangkan di kampus intensif, setelah bersih diri siswa-siswi kelas 5 dan 6 mengikuti kegiatan BTA dan Tahfidz. Kegiatan muraja’ah bersama di kampus reguler dan kegiatan BTA dan Tahfidz di kampus intensif dilaksanakan hingga menjelang adzan Maghrib. Ketika adzan Maghrib dikumandangkan oleh siswa yang ditunjuk, siswa-siswi kampus reguler maupun intensif bergegas mengambil air wudlu dan melaksanakan shalat Maghrib berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan dzikir bersama. Setelah shalat Maghrib dan dzikir bersama, siswa-siswi kampus reguler maupun intensif berbaris membawa piring dan sendok yang dibawa dari rumah untuk mengantre makan malam.
Sesudah pelaksanaan shalat Isya’ berjamaah, para siswa kelas 6 kampus reguler melaksanakan kegiatan tahfidz yang dibimbing oleh ustadz/ustadzah guru ngaji yang bertugas di masing-masing kelompok siswa. Materi dalam kegiatan tahfidz ini meliputi doa, hadits, dan surat-surat pendek juz 29 dan 30. Materi hafalan doa dilaksanakan oleh para siswa di masing-masing kelompok. Lalu dilanjutkan dengan hafalan hadits yang dibimbing oleh Ustadzah Ima Nafilah. Setelah kegiatan hafalan hadits, hafalan surat-surat pendek dilaksanakan oleh para siswa dibimbing oleh Ustadz Fajar.
Kemudian setelah pelaksanaan tahfidz, para siswa kelas 6 kampus reguler mengikuti kegiatan les. Kegiatan les merupakan kegiatan belajar bersama yang dibimbing oleh wali kelas. Materi yang diajarkan adalah pelajaran sekolah yaitu mata pelajaran Tematik. Para siswa kelas 6 reguler terlihat antusias mendengarkan penjelasan dan menjawab pertanyaan dari wali kelas.
Beda kampus, beda kegiatan. Di kampus intensif, setelah kegiatan shalat Isya’ berjamaah dan les di masing-masing kelas, siswa-siswi kampus intensif melaksanakan belajar menulis arab. Ustadz/ustadzah guru ngaji mengajarkan menulis huruf Arab siswa-siswi di masing-masing kelas. Materi yang diajarkan ustadz/ustadzah diantaranya menulis huruf hijaiyah berdiri sendiri, huruf hijaiyah ketika berada di awal, di pertangahan, dan di akhir kalimat. Beberapa kesalahan dalam menulis huruf Arab juga diajarkan agar sebaiknya dihindari.
Kegiatan dilanjutkan dengan istirahat. Pengalaman seru dialami oleh siswa-siswi kampus intensif selama istirahat. Siswa-siswi ada yang bakar-bakar sosis dan nonton bersama film kesukaan mereka. “Untuk yang kelas intensif selesai kegiatan malam ada yang bakar-bakar dan ada yang nobar”, kata Ustadzah Husnul Khotimah, S.Pd.I selaku koordinator kegiatan MABIT. Setelah mengikuti semua kegiatan di malam hari, siswa-siswi di kampus reguler dan intensif menggosok gigi mereka sebelum tidur.
Pada jam setengah empat pagi hari Sabtu (14/10/2023), siswa-siswi melaksanakan kegiatan shalat Tahajud secara berjamaah. Shalat malam dilaksanakan secara khusyuk oleh para siswa dengan menahan kantuk yang masih tersisa hingga adzan Subuh berkumandang. Ketika adzan Subuh berkumandang, para siswa melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah.
Kegiatan menulis huruf Arab dilakukan setelah shalat Subuh di kampus reguler. Para siswa kelas 6 berlatih menulis Arab yang sudah diajarkan. Beberapa cara menyambung huruf Arab diajarkan oleh guru ngaji yang bertugas. Materi yang diajarkan dalam menulis Arab diantaranya huruf-huruf hijaiyah berdiri sendiri, huruf-huruf ketika berada di awal, di pertengahan, dan di akhir kalimat. Diajarkan juga beberapa kesalahan dalam penulisan huruf Arab yang sebaiknya dihindari. Di waktu yang bersamaan, siswa-siswi kampus intensif melaksanakan muraja’ah bersama.
Ketika matahari telah tinggi sepenggalah kira-kira jam setengah tujuh pagi, para siswa melakukan bersih diri untuk persiapan shalat Dhuha. Setelah shalat Dhuha dan dzikir pagi berjamaah, siswa-siswi sarapan sebelum persiapan pulang ke rumah masing-masing.
“Semoga ke depannya dengan adanya MABIT, ibadah anak-anak lebih baik. Tentunya juga bisa mandiri dalam kehidupan sehari-hari, dan anak-anak tambah semangat dan istiqomah lagi dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an, dan masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa diambil dengan adanya MABIT”, harap Ustadzah Khotim.

Penulis : Muhammad Arief

About the Author: Admin Website Sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.