Bhinneka Tunggal Ika Dalam Acara FORTASI 2023

Penampilan kelompok Banyuwangi pada pelaksanaan FORTASI 2023

SDMUHAMMADIYAH01TANGGUL.SCH.ID – Forum Ta’aruf Siswa (FORTASI) dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Senin (17/7/2023) di kampus 1, SD Muhammadiyah 01 Tanggul.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan FORTASI pada tahun ini. Tema yang diusung pada pelaksanaan FORTASI kali ini adalah “Bhinneka Tunggal Ika”. Tampak pada para ustadz dan ustadzah pendamping siswa menggunakan baju adat. Para ustadzah pendamping kelas 1 menggunakan baju bodo yang merupakan pakaian adat Sulawesi Selatan. Sedangkan para ustadz menggunakan baju adat sesuai daerah khas masing-masing.

Pada hari pertama, Senin (17/7/2023), diawali pembukaan oleh kepala SD Muhita, Hj. Nur Sabaha, S.Th.I, M.Pd.I dengan pembacaan basmalah. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok FORTASI yang telah ditentukan oleh panitia. Nama setiap kelompok menggunakan nama kota-kota di Jawa Timur. Siswa-siswi kelas 1 beserta ustadz/ustadzah pendamping menggunakan mahkota yang bergambar ciri khas kota-kota di Jawa Timur dan nama kotanya. Seperti Banyuwangi menggunakan gambar penari Gandrung, Bangkalan dengan gambar sate, atau Malang dengan gambar buah apel. Selain itu, setiap anggota kelompok membuat nametag dengan hiasan yang digambar dengan pensil warna. Lalu setiap anggota masing-masing kelompok memperkenalkan namanya dengan diiringi lagu. Setelah istirahat, setiap kelompok berkeliling sekolah dengan didampingi oleh para ustadz dan ustadzah. Kepala Majelis Dikdasmen PCM Tanggul, Bapak Drs. H. Hari Subagyo, M.M.Pd, juga hadir untuk memantau jalannya kegiatan FORTASI pada hari pertama. Para siswa baru dan wali siswa antusias mengikuti jalannya acara FORTASI.

Hari kedua, Selasa (18/7/2023) para siswa melaksanakan kegiatan membuat kolase. Siswa-siswi kelas 1 menempelkan potongan-potongan kertas pada lembar kertas sketsa yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian setiap kelompok membuat yel-yel dengan ciri khas kota masing-masing.

Penutupan kegiatan FORTASI dilaksanakan pada hari Kamis (20/7/2023). Pada acara penutupan ditampilkan pertunjukan ekstrakurikuler yang ada di SD Muhita. Penampilan pertama dari ekstrakurikuler menyanyi, kemudian dilanjutkan menari, dan pencak silat Tapak Suci. Ditampilkan juga pertunjukan Pantomim oleh siswa kelas 5 dan 6. Lalu dilanjutkan dengan penutupan oleh kepala sekolah dan makan bakso bersama.

Penulis Muhammad Arief

About the Author: Admin Website Sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.